Seorang Warga Kehilangan NIK Kependudukannya Di Disdukcapil Lampung Barat, Kabid Kependudukan Malah Menyebut Banyak Terjadi Hal Seperti Itu..!!

0
147

Lampung Barat (BK) – Diduga Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (dukcapil) memanipulasi data atas nama rusnani dengan Nomor Induk Kependudukan 1804220508****** alamat pekon Cipta Mulya, Kecamatan Kebun Tebu, Kabupaten Lampung Barat.

Hal ini diketahui ketika tim media PWRI Menerima Laporan dari narasumber pada Senin, 21 Maret 2022, terkait data kependudukannya yang sudah tidak tercatat atas nama yang bersangkutan, dan sudah berubah menjadi nama orang lain, sementara NIK dan Foto yang tertera adalah milik narasumber.

Dalam penuturannya, narasumber menerangkan, bahwa dirinya paska berpisah (Cerai) dari mantan istri, narasumber tersebut ingin menggunakan Nomor Induk Kependudukan, tapi alangkah kagetnya, ternyata data miliknya sudah tidak ada lagi di data kependudukan.

“Saya sudah bercerai dengan istri saya, dan sudah hidup terpisah, dan ketika saya akan menggunakan E KTP saya, ternyata data saya sudah tidak ada di sistem database kependudukan, NIK KTP saya sudah berubah menjadi nama dan identitas orang lain, sementara Foto yang di sistem masih Foto Saya”ujarnya.

“Untuk itu saya sangat di rugikan, karena saya tidak bisa mengurus keperluan saya dikarenakan data saya sudah tidak ada di sistem kependudukan, sementara sampai saat ini saya masih memegang E KTP atas nama saya yang asli”sambungnya.

Sementara itu AK Samsul, selaku Kepala Bidang Kependudukan Disduk Capil  Lampung Barat mengklaim, bahwa sitem yang dimiliki eror.”Itu terjadi karena sistem eror dan bukan hanya satu orang saja, sudah banyak yang mengalami hal yang sama, jika yang bersangkutan ingin di masukan kembali ke sistem, maka akan kita masukan kembali, itu tidak ada masalah dan gampang”ujar nya.

Dengan adanya temuan ini, Tim akan mengkaji langkah hukum yang akan di lakukan, karena identitas seorang warga negara adalah baku, dan tidak dapat di rubah semau maunya pejabat kependudukan yang bertugas.

Oleh: Tim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here