Sebanyak 183 Kepala Keluarga Di Desa Kunjir Kecamatan Rajabasa Terima BLT DD

0
319

 

Lampung Selatan (BK) – Pemerintahan Desa Kunjir Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan Salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahap Pertama yang bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun 2020.

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Kantor Desa tersebut terlihat, selain dihadiri oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan jajaran Pemerintahan Desa, turut pula dihadiri oleh Sabtudin Camat Rajabasa, Saprudin Sekretaris PMD Lamsel, Bank BRI unit dan Pendamping Desa serta undangan lainnya.

Rio Imanda,SH selaku Kepala Desa menyampaikan, bantuan yang disalurkan ini merupakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) tahun 2020.

“Ini merupakan penyaluran BLT DD tahap pertama, jumlah penerima sebanyak 183 KPM.”Ujarnya Rabu,(24/6/2020).

Patut diketahui, masing-masing penerima akan mendapatkan bantuan sebanyak Rp.600.000 yang akan disalurkan selama tiga bulan, sehingga penyaluran BLT tahap pertama ini menguras anggaran DD sebanyak Rp 109.800.000.

Dalam kesempatan tersebut, selaku Kepala Desa dirinya berharap bantuan yang disalurkan ini dapat meringankan beban KPM di masa Pandemi Covid-19 sekaligus dapat bermanfaat.

Baca Juga  Polres Lamsel Batasi Izin Keramaian Antisipasi Penyebaran Pandemi Corona

Dalam arahannya, perwakilan dari PMD Lamsel Saripudin selaku Sekretaris menyampaikan, terkait dengan wabah Virus Covid-19 memang sangat dirasakan oleh masyarakat, terutama dalam perekonomian, oleh sebab itu dalam menangani hal tersebut, pemerintah menyalurkan bantuan seperti BLT DD dan bantuan lainnya.

“Tetapi setiap bantuan yang disalurkan tidak boleh tumpang tindih (Dobel).”Katanya.

Dirinya juga berharap kepada masyarakat, jika ada yang tidak terdata dapat melapor ke pemerintahan desa.

“Kalau belum di data, jangan sampai ribut apa lagi sampai membuat Steatment yang tidak jelas di Sosmed , silahkan datang kekantor Desa untuk mempertanyakan kepada petugas desa, karena tugas aparatur pemerintahan desa yang menangani bantuan ini luar biasa tanggung jawabnya, jadi wajar apabila ada warga yang tidak terdata.” Pintanya.

Sementara itu, Sabtudin Camat Rajabasa menyampaikan,sebagian DD tahun 2020 ini dialokasikan ke BLT, yang merupakan kebijakan dari pemerintah pusat dalam penanganan Covid-19, dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak.

Baca Juga  Kepala Desa Pematang Baru, Yunias Bersama Tim Relawan Kunjungi Kediaman Warganya Untuk Bagikan Masker

“Pemerintah pusat hanya memberikan bantuan ini selama tiga bulan, yakni bulan April, Mei dan Juni. Ini merupakan penyaluran yang pertama.”Ujarnya.

Lebih jauh dirinya berpesan, bila bantuan ini hanya untuk penerima yang diluar bantuan lainnya, seperti PKH dan lainnya.

“Jadi jika ada yang dobel ataupun penerima ganda, harapan kami bantuan ini dapat dikembalikan.” harapannya.

Patut diketahui juga, penyaluran BLT ini langsung dari Bank BRI Unit, yang nantinya masing-masing KPM akan memiliki buku tabungan.

Dipenghujung kegiatan, Sabtudin juga meminta agar masyarakat dapat menggunakan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya, serta masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan.

Oleh: Iwan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here