Musrenbang 2020 Kab. Way Kanan Fokus Pada Dampak Covid 19

0
330

Way Kanan (BK) – Bupati waykanan berikan sambutan tertulis dalam acara Musyawarah Rencana Pembangunan Kabupaten Way Kanan tahun 2020 (Musrenbag 2020) melalui video conference di rumah dinas bupati waykanan Selasa, (14/4/2020)

sementra itu di tempat terpisah Acara ini juga di ikuti oleh Sekda di Ruang Rapat Utama Pemkab Way Kanan Asisten I di Ruang Rapat Bappeda Selasa,

Dalam Sambutan tertulisnya Adipati Surya menyampaikan, bila pertumbuhan ekonomi masih tetap terjaga. “Selama 2016 s/d 2019 kita telah melaksanakan pembangunan dengan baik. Pertumbuhan ekonomi terjaga pada kisaran lima persen lebih, inflasi relatif stabil 2,56%, pertumbuhan penduduk (0,89%) dan saat ini berjumlah 450.109 jiwa (2019). Kita juga telah menerima penghargaan Dan dari kerja keras ini kita memperoleh apresiasi 68 penghargaan.”ujar Bupati melalui sambutan tertulisnya.

lalu di tambahkan olehnya, Memasuki tahun 2020 Way Kanan tengah dihadapkan pada persoalan Covid-19 dan belum bisa memprediksi kapan virus ini akan berakhir.

Baca Juga  Hasim As'ari.,S.Pd.I Resmi Dilantik PC GP Ansor Kabupaten Waykanan..!!

“Kita belum bisa memprediksi secara akurat sampai kapan pandemi Covid-19 akan berakhir. Jika virus dapat cepat ditanggulangi maka normalisasi dan recovery dapat segera dilakukan dengan biaya lebih hemat. Tetapi jika pandemi covid-19 ini berlangsung lama dan tidak segera tertangani, maka biaya yang diperlukan akan semakin besar. Dan hal ini akan menjadi beban pemerintah dan masyarakat serta dapat menghambat pertumbuhan ekonomi”kata Dia.

bupati menenerangkan bahwa Sejauh ini penyebaran Covid-19 di Kabupaten Way Kanan masih terkendali. Dari catatan yang ada, sampai saat ini belum ada penduduk yang terindikasi positif covid-19 maupun PDP (Pasien dalam pengawasan), sedangkan angka ODP tercatat sebanyak 56 orang. Mereka umumnya para migran yang pulang ke daerah (pulang kampung).
Mengingat mobilitas penduduk di Kabupaten Way Kanan masih tinggi, maka perkembangan covid-19 sangat terbuka.

Baca Juga  Kurangi Kecemasan Dan Agar Tetap Fokus Sebagai Penyelenggara Pemilu, Tim Gugus Tugas Covid Kabupaten Hibahkan APD Untuk KPU Daerah Way Kanan..!!

Ia juga meminta kepada gugus tugas covid-19 yang ada digarda terdepan, untuk menjalankan tugas dengan baik, melakukan pemantauan intensif sesuai protocol kesehatan, dan menyiagakan petugas medis 24 Jam.

Raden Adipati juga menjelaskan,
untuk mengurangi dampak ekonomi, ia telah minta kepada seluruh SKPD agar mencermati fenomena ini dan mengambil langkah strategis, berkoordinasi dengan gugus tugas Covid-19 .

“Saya telah minta kepada seluruh SKPD pengampu bidang ekonomi agar mencermani fenomena ini, dan mengambil langkah strategis dan koordinasikan dengan gugus tugas covid-19 dan perangkat daerah Provinsi Lampung, untuk mengeliminir dampak nya pada perekonomian rakyat”harap Bupati.

Penulis. Rahmat Mulia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here