DPRD Kabupaten Jember Dorong Pemkab Untuk Atur Secara Teknis Pengelolaan Aset Desa, Agar Tak Multi Tafsir…!!

0
147

JEMBER – JATIM (BK) – Multi tafsir tentang teknis dan tata cara pengelolaan aset desa yang selama ini terjadi di Kabupaten Jember telah banyak menimbulkan perdebatan dan konflik di internal Pemerintahan Desa atau masyarakat.

Persoalan ini seringkali muncul karena sampai saat ini Kabupaten Jember belum mempunyai Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur secara teknis dan detail tentang pengelolaan aset desa.

Menyikapi hal ini Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Jember, Tabroni akan mendorong terbentuknya Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur secara teknis dan detail tentang pengelolaan aset desa. Sehingga pemerintah desa dalam mengelola aset desa tidak lagi terjadi multi tafsir, Senin (04/01/2021).

Baca Juga  Uspika Se-Jember Warning Sejumlah Pengusaha Tempat Hiburan Dan Cafe Agar Patuhi Imbauan Saat Pergantian Tahun, Ini Aturannya..!!

“Kita tidak menginginkan penafsiran sendiri-sendiri di pemerintahan desa terhadap aset desa. Jadi harus ada tafsir tunggal, yang ini akan kita dorong agar mengaturnya secara lebih teknis dan detail, apakah bentuknya lelang atau Appraisal, ” kata Tabroni.

Tabroni berjanji akan meminta kepada Bupati Jember terpilih, agar nanti dalam menjalankan amanah rakyat serius memberikan perhatian penuh terhadap aset desa, yang mana selama ini pengelolaanya banyak menimbulkan persoalan dan konflik di tengah masyarakat.

Baca Juga  Muspika Kecamatan Gumuk Mas Jember Operasi Yustisi Covid 19, Tekan Penerapan Prokes Pada Masyarakat..!!

“Memang selama ini pengelolaan aset desa di Jember sudah mengacu Permendagri nomor 01 tahun 2016, yang menyebutkan aset desa itu bisa dikerja samakan, bisa disewakan atau bangun guna serah, tetapi tidak dijelaskan secara detail teknis dan tata caranya.”ujar Tabroni.

Oleh: TIM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here