WBP Lapas Kelas IIA Kota Metro Rayakan 1 Muharram 1442 H Dan Harlah Nyantri Lastro At-Taubah Dengan Menggelar Tabligh Akbar..!!

0
358

Kota Metro (BK) – Pelaksanaan kegiatan Tabligh Akbar Menyambut 1 Muharram 1442 H. / 2020 M. Dan HARLAH YANTRI LASTRO AT-TAUBAH dengan tema HIJRIYAH MENUJU KETAQWAAN KEPADA ALLAH SWT di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Metro, Rabu (19/08/2020).

Kegiatan dilaksanakan di aula Lapas kelas IIA Kota Metro, dipimpin langsung Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Metro, Ade Kusmanto, A.Md.IP., SH., MH., dan dihadiri oleh Kemenag Kota Metro, H.Dedi Pranata, Pengasuh Pondok Pesantren PPTQ Miftahul Jannah KH. AINUN siha dan Pengasuh Pondok Pesantren AL Ihlas , KH. Miftahul Huda.

Pembacaan ayat suci Al-Quran dibacakan oleh warga binaan lapas kelas IIA metro, dengan Ust Ahmad Syaifudin dan saritilawah dibacakan oleh Irsyad azies Syamsudin.

KH.Miftahul Hudda pengurus pondok AL-Ikhlas Natar menyampaikan, bahwa untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akherat, manusia harus mengenal Tuhannya yaitu “Allah SWT”.

“Sering- sering mengingat Allah SWT, taqwa kepada Allah SWT, akan mendapatkan ketenangan dan jalan solusi dari arah yg tidak disangka sangka,” papar KH.Miftahul Hudda.

Baca Juga  Pasien Covid-19 Purwosari Metro Utara Meninggal Dunia..!!

Sambutan KH.Ainun Siha selaku pengasuh Ponpes PPTQ Miftahul Jannah mengatakan, bahwa kegiatan menyambut 1 Muharram 1442 H/2020 M, tahun ini diharapkan dapat menambahkan ilmu spiritual. “Memperkuat keimanan , ketaqwaan kepada Allah SWT bagi semua masyarakat, khususnya warga binaan lapas metro agar bisa menjunjung tinggi nilai-nilai agama Islam,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Lapas IIA Metro, Ade Kusmanto A.Md.IP,.SH,.MH menyampaikan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyambut 1 Muharram 1442 H/2020 M, dan Harlah Yantri Lastro At-taubah dengan hijrah menuju ketagwaan kepada Allah SWT,” tuturnya.

Selain itu Kepala Lapas metro, Ade Kusmanto juga memberikan sertifikat kepada 15 santri warga binaan lapas metro, dengan pengukuhan program layanan santri lapas metro yaitu Yantri Lastro.

Ade Kusmanto menambahkan, Yantri lastro adalah layanan santri lapas metro, merupakan inovasi layanan terhadap narapidana dalam meningkatkan mental kepribadian dibidang keagamaan, khususnya bagi narapidana yang beragama islam,” kata Kalapas.

Baca Juga  DPRD Kota Metro Gelar Paripurna Pandangan Umum Fraksi Terkait Raperda Inisiatif DPRD, Antaranya Tentang Penanaman Modal Dan Penanggulangan Kemiskinan

Sementara Yantri Lastro ini dibentuk sebagai progaram innovasi layanan publik yang diunggulkan lapas metro dalam rangka pembangunan Zona Integritas (ZI) sebagai Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani ( WBBM ).

“Layanan innovasi ini diharapkan dapat di rasakan manfaatnya oleh narapidana secara langsung, dan keluarga atau masyarakat tidak secara langsung,” jelasnya.

Harapan Ade Kusmanto selaku Ka.Lapas yakni Bagi narapidana adanya perubahan perilaku kearah yg lebih baik. Sadar akan kesalahannya, tidak mengulangi kejahatan dan berguna bagi dirinya, keluarga dan masyarakat.

“Bagi keluarga dan masyarakat, dengan telah berubahnya perilaku ke arah yg lebih baik, narapidana diharapkan menjadi manusia yg bertanggung jawab tidak mengulangi kejahatan,” tutupnya Ade Kusmanto.

Oleh: E. Wahyu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here