Way Kanan Siapkan Dana 40 Miliar Lebih Untuk Penanganan Covid 19

0
153

Way Kanan (BK) – Pemerintah Kabupaten Way Kanan akan kembali gelontorkan anggaran untuk proses penanggulangan Pandemi Corona di wilayah itu. Setelah sebelumnya Pemkab yang dipimpin Raden Adipati Surya itu menyiapkan Delapan Miliar Rupiah, kini kembali Way Kanan menyiapkan anggaran hingga total sebesar 40 Miliar lebih.

Kesiapan anggaran untuk penanganan Corona atau Covid 19 disampaikan langsung oleh Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya paska Gelar Video Conference di ruang Rapat Utama Pemkab Way Kanan, Jum’at (03/04/2020).

“Awal kita anggarkan Rp 8 Miliar, namun setelah kita lakukan penyisiran anggaran, kita bisa menganggarkan sebesar Rp 40 miliar 345 juta,” jelas Raden Adipati Surya.

Baca Juga  Warga Binaan Lapas Kelas II B Way Kanan Butuh Perhatian Pemkab Terkait Corona

Dana tersebut sambung Bupati, diambilkan dari beberapa Pos anggaran, antaranya Dana Bansos, Kegiatan SKPD, Dana hibah Pilkada, maupun dari anggaran kegiatan pembangunan fisik.

“Untuk Penundaan kegiatan SKPD saja kita bisa ambil Rp.15 Miliar untuk penanganan Corona ini,” sambung nya.

Kegunaannya sendiri Dana tersebut nantinya akan dipakai untuk sosialisasi, pembelian Alat Pelindung Diri(APD), maupun bantuan langsung untuk masyarakat yang terdampak langsung oleh Covid-19.

lalu dilanjutkan olehnya, Kalaupun Nantinya dana tersebut tidak habis terpakai, maka akan tetap di kembalikan ke Pemerintah.

“Dana itu kita persiapkan sesuai dengan kebutuhan, Kalaupun tidak terpakai maka akan pulangkan ke peruntukan semula. Jadi jangan beramsusi mentang mentang nggak terpakai mau di habiskan semau maunya,” tegas Adipati.

Baca Juga  Kurangi Kecemasan Dan Agar Tetap Fokus Sebagai Penyelenggara Pemilu, Tim Gugus Tugas Covid Kabupaten Hibahkan APD Untuk KPU Daerah Way Kanan..!!

Bupati juga menegaskan, dalam Anggaran tersebut, diluar dari Anggaran Dana Desa.”Anggaran Ini diluar Dana Desa. Kalau untuk Dana Desa itu sepenuhnya kita serahkan kebijakannya dengan Kepala Kampung. Kalau Kepala Kampung mau menganggarkan silahkan saja, asal sesuai peruntukannya,”tandasnya.(R. Mulia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here