Wakil Bupati Way Kanan Launching Penyaluran Bantuan Sembako Tunai Di PT. Pos Blambangan Umpu..!!!

0
71

Way Kanan (BK) – Wakil Bupati Way Kanan, Ali Rahman meninjau pelaksanaan penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang kini berubah nama menjadi Bantuan Sosial Tunai Sembako (BSTS), di Kantor Pos Kecamatan Blambangan Umpu, Rabu (23/02/2022).

Dalam peninjauan tersebut, Wabup Ali Rahman didampingi Kepala Dinas Sosial (Kadisos) Bismi, Kepala Satpol PP Edy, Camat Blambangan Umpu, Akhmad Syapari bersama Muspicam setempat.

Kali ini, penyaluran BPNT berbeda dengan tahun 2021. Sebelumnya, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima dalam bentuk Sembako. Namun, tahun ini KPM menerima dalam bentuk uang tunai.

“Penyaluran BPNT ini, sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas percepatan penyaluran Bantuan sembako atau BPNT pada 15 Januari 2022, dan ditindak lanjuti dengan surat Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin No: 592/6/BS.01/2/2022 pada 18 Februari 2022,” ungkap Ali Rahman.

Dalam penggunaannya anggaran BPNT ini masyarakat bebas belanja dimana saja, tapi diutamakan sembako dan bukan rokok atau gincu, guna memenuhi kebutuhan pokok KPM. Lanjut Wabup yang akrab disapa Anten.

“KPM bebas membelanjakan uangnya, di warung-warung sembako. Bahkan, bisa belanja di mall sekalipun asal sesuai dengan ketentuan yang berlaku yakni, beli sembako, telur, buah, dan kacang-kacangan,” terangnya.

Sementara itu, Kadisos Kabupaten Way Kanan, Bismi Janadi mengatakan, untuk penyaluran BPNT tahap pertama di Kantor Pos Blambangan Umpu melayani sekitar 2.520 KPM dari Kecamatan Blambangan Umpu dan Umpu Semenguk.

“Masing-masing KPM menerima Rp600 ribu/tri wulan, atau Rp200 ribu/bulan. Pelaksanaannya, direncanakan berlangsung maksimal sampai 14 hari,” tutupnya.

Oleh: Red/Rls.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here