Tindak Pidana Pemalsuan Dokumen Surat Keterangan Tanah (SKT), Terdakwa Yusuf Terancam Pidana

0
402
Beritakharisma.com – Berdasarkan hasil Fakta Sidang,Pada Kasus Dugaan Pemalsuan Dokumen dengan terdakwa memalsukan Surat Keterangan Tanah (SKT) YUSUF,S.Hum Umur 40 tahun  BIN HARUN ZOHAR, Karyawan Swasta warga Perum Tanjung Raya Permai Blok D No 9 Lk ll RT 13 Kel Pematang Wangi kecamatan Tanjung Senang Lampung.
Diduga ada rekayasa peristiwa Hukum atau Kriminalisasi terhadap Kasus Pemalsuan Dokumen berupa 48 (empat puluh delapan) buah BUKU Sertifikat Hak Milik (SHM) oleh terdakwa.Pengadilan Negri,Tulang Bawang Kecamatan Menggala kabupaten tulang bawang Rabu 19/02/2020.
Bahwa terdakwa mewakili keluarga dari (Alm) H RONI yaitu Nurdin Habib M Denin dan sodara Yusuf mengirimkan surat kepada Kakanwil BPN Provinsi Lampung.Perihal permohonan keberatan atas hasil Inventarisasi dan Identifikasi data fisik kepemilikan untuk pembangunan jalan Tol pada tanggal 26 September 2017 dengan Alas Hak dan bukti yang di lampirkan Foto copy surat tanah kampung Desa Labuhan Batin Kecamatan Simpang Pematang.
“Selanjutnya pada tanggal 15-Januari-2018 terdakwa melalui kuasa hukumnya AFM NINGRAT,SH telah mengajukan gugatan perbuatan melawan Hukum ke Pengadilan Negeri Menggala dengan Alas Hak berupa SKT dan BA bulan Mei 1990 atas nama NURDIN HABIB,M DENIN dan YUSUF dengan tergugat:
-PT Barat Selatan Makmur Investindo(BSMI) selaku tergugat l (satu)
-SN SUWISMA selaku tergugat 2 (dua)
-Ir.RETAYA KENCANA WATHY selaku 3 (tiga)
-SANG AYU PUTU REKAW,SE selaku 4 (empat)
-I GUSTI SRI WIDIANTARI selaku 5 (lima)
– Kantor Kepala Desa Margo Rahayu Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji selaku tergugat 5 Kepala Kantor Pertanahan dahulu Kabupaten Tulang Bawang Kabupaten Mesuji selaku tergugat 7.
– Pemerintah RI qq Kementerian Agraria dan tata ruang atau Badan Pertanahan Nasional provinsi Lampung ketua pelaksana pengadaan tanah (p2t) dan daftar normatif Desa Margo Rahayu Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji pengadaan tanah pembangunan jalan tol Trans Sumatera Terbanggi Besar Pematang panggang selaku tergugat 8.
– Kementerian Pekerjaan Umum qq Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) desa desa Margo Rahayu Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji pengadaan tanah pembangunan jalan tol Trans Sumatera Terbanggi Besar Pematang panggang selaku tergugat 9.
Dengan bukti atau alas Hak  yang dugunakan AFM NINGRAT,SH  mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Menggala berdasarkan kuasa dari Terdakwa berupa: l (satu) lembar foto copy surat keterangan Tanah Kampung Desa Labuhan Batin Kecamatan Simpang Pematang  Nomor 1096/593/1096/SKT/ML-90 atas nama M DENIN bulan mei 1990 yang di tanda tangani  oleh sdr ABDUL MALIK selaku Kepala Kampung Labuhan Batin.
Bahwa alat bukti surat atau Hak yang digunakan Terdakwa,berdasarkan Berita Acara Pemerikasaan Laboratoris Kriminalistik oleh Bidang Laborotium Forensik  Daerah Sumatra Selatan  No Lab:62/DTF/2019 tanggal 23 Oktober 2019 yang di tanda tangani oleh,YAN PARIGOSO,S.Si,. M. T,dkk, setelah dilakukan pemeriksaan secara Laboratoris Kriminalistik disimpulkan bahwa,Tanda tangan bukti QT adalah Tanda Tangan Tidak Langsung(Idirect Signature) dengan kata lain tanda tangan atas Nama ABDUL MALIK  yang di persoalkan Tersebut Pada dokumen Bukti di atas Merupakan PRODUK SCENNER.
Dengan demikian kasus pemalsuan Dokumen perbuatan yang di palsukan,terdakwa YUSUF,S.HUM Bin HARUN ZOHAR merupakan Tindak Pidana sebagai mana diatur dan diancam Pidana dalam Pasal 263 ayat (2) KUHP.
Sumber : Rilis PN Negeri Menggala.(Rahmat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here