Tanggapi Kritikan Dari Sejumlah Kalangan Terkait Terpilihnya Dewi Handajanie Sebagai Ketua KONI Tanggamus, Perwakilan Cabor Gelar Jumpa Pers..!!

0
91

Tanggamus (BK) – Jelang dan paska terpilihnya Hj. Dewi Handajani sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Cabang Tanggamus secara aklamasi sebelumnya, ternyata terdapat kritikan. Hal itu muncul, lantaran Dewi Handajani merupakan Bupati Tanggamus, dan dianggap telah menyalahi regulasi dan aturan Kemendagri RI.

Terlepas hal tersebut, seluruh pengurus Cabang Olahraga (Cabor) di bawah naungan KONI Tanggamus dengan tegas menyatakan sikap, untuk tetap mendukung Dewi Handajani sebagai Ketua Umum KONI Tanggamus di Periode 2022 – 2026.

Di hadapan sejumlah awak media, Ketua Harian Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kabupaten Tanggamus, Rafiudin Djalil menjelaskan, yang hadir untuk menyatakan sikap tadi siang sebanyak 13 perwakilan cabor. Dari total seluruhnya 28 cabor di bawah naungan KONI Tanggamus, Jum,at (11/2/2022 ).

“Dikarenakan agenda siang ini urgent dan dadakan, maka pernyataan sikap ini hanya bisa dihadiri 13 perwakilan pengurus cabor. Sementara 15 perwakilan lagi sudah konfirmasi lewat telepon, bahwa mereka tidak bisa hadir karena pemberitahuan acara ini dadakan. Namun pesan dari mereka pun satu suara dengan kami yang hadir di sini. Yaitu sepakat tetap mendukung Bunda Dewi Handajani untuk menjadi Ketua Umum KONI Tanggamus Periode 2022-2026,” tegas Rafiudin Djalil diamini pengurus cabor lainnya.

Baca Juga  Dewi Handajani Maju Kebursa Pencalonan Ketua KONI Tanggamus..!!

Dirinya menjelaskan, ke-28 cabor punya alasan mendasar mengapa mereka sangat menginginkan Dewi Handajani memimpin KONI Tanggamus. Hal serupa juga, menurut Rafiudin Djalil, terjadi pada saat pemilihan Ketua KONI sebelumnya yang saat itu dijabat oleh Wakil Bupati Hi. Samsul Hadi, S.Pd.I.

“Kami para pengurus cabor, semuanya mendukung dan tidak menjadi persoalan. Dan tidak ada polemik di pihak manapun. Intinya, kami tegaskan di sini, bahwa Bunda Dewi Handajani tidak mencalonkan diri menjadi Ketua Umum KONI Tanggamus. Tetapi justru kami, ke-28 cabor yang meminta beliau untuk menjadi ketua umum. Sebab ke-28 cabor ini punya hak suara yang sah,” tegas Rafiudin Djalil.

Dia meminta semua pihak, untuk menatap nasib KONI Tanggamus ke depan. Sebab selama dua tahun masa pandemi ini terjadi, atlet-atlet di Tanggamus “tidur”. Sementara di tahun ini, tepatnya pada bulan November nanti, dilaksanakan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung.

“Atlet-atlet Tanggamus yang sekarang ‘tidur’ ini harus kita bangunkan. Untuk membangunkan atlet-atlet ini, sangat tergantung pada siapa yang akan menjadi pemimpin KONI Tanggamus. Itu salah satu alasan mendasar kami para cabor memilih Bunda Dewi menjadi ketua umum kita,” beber Rafiudin.

Sementara alasan pribadinya terlepas dari pengurus Cabor PBVSI, menurut Rafiudin, Dewi Handajani setelah resmi menjabat sebagai Bupati Tanggamus punya andil dan berjasa besar di bidang olahraga. Yaitu di masa kepemimpinan Dewi Handajani, akhirnya Kabupaten Tanggamus bisa merealisasikan pembangunan gedung olahraga (GOR) tipe B di Pedukuhan Way Som Pekon Kotaagung.

Baca Juga  Dewi Handajani Maju Kebursa Pencalonan Ketua KONI Tanggamus..!!

“Perjuangan Bunda Dewi mewujudkan pembangunan GOR tipe B ini, bagi saya pribadi adalah jasa yang sangat besar. Ini bukti nyata keseriusan sosok Dewi Handajani untuk memajukan bidang olahraga Kabupaten Tanggamus. Jasa ini menurut saya sangat wajar untuk diapresiasi. Saya berpikir, beliau belum jadi Ketua Umum KONI saja sudah merealisasikan pembangunan GOR. Tentu harapannya ketika beliau menjabat Ketua Umum KONI Tanggamus, olahraga di kabupaten kita akan maju juga,” harap Rafiudin.

Pertimbangan berikutnya, dia melanjutkan, pada even Porprov 2022 di Kota Bandarlampung nanti, ada 27 cabor yang dipertandingkan. Itu menurutnya skala besar, sehingga sangat diperlukan sosok pemimpin KONI yang bisa mengakomodir dan menghidupkan kembali cabor di Tanggamus ini.

“Maka daripada itu, kawan-kawan pengurus cabor yang hadir dalam pernyataan sikap ini, maupun kawan-kawan yang nggak sempat hadir menegaskan, tidak ada paksaan dari pihak manapun untuk mendukung Bunda Dewi sebagai Ketua Umum KONI Kabupaten Tanggamus,” terang Rafiudin.

Oleh: Sapriadi/Rls.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here