Santri Dari Pulau Jawa Yang Tiba Di Tulang Bawang Di Cek Kesehatannya Sesuai SOP Protokol Kesehatan

0
178

Tulang Bawang (BK) –  Rombongan santri asal Kabupaten Tulang Bawang yang menimba ilmu di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fatah, Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur (Jatim), pulang ke kampung halaman di tengah pandemi virus corona (covid-19).

Wakapolres, Kompol. Eko Nugroho, SIK mewakili Kapolres Tulang Bawang AKBP Andy Siswantoro, S.IK mengatakan, rombongan santri tersebut diangkut dengan armad bus PO INDO TRANS, No Pol AA 1601 DA dan tiba sekira pukul 10.30 WIB, di Masjid Baiturrahman, Islamic Center, Menggala, Kabupaten Tulang Bawang.

“Sebanyak 27 orang santri yang tiba hari ini dengan armad bus PO. INDO TRANS, No Pol AA 1601 DA. Saat kendaraan bus tersebut tiba, petugas kami langsung melakukan standar operasional prosedur (SOP) protokol kesehatan,” ujar Kompol Eko yang hadir langsung dilokasi.

Lanjutnya, kendaraan bus tersebut langsung kami semprot dengan menggunakan desinfektan berikut barang-barang bawaan para santri, lalu santri turun dari dalam bus satu persatu dan langsung mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air yang telah kami sediakan.

Baca Juga  Kodim 0426 & Polres Tuba Patroli Malam Dalam Antisipasi Penyebaran Covid-19.

Para santri ini disemprot badannya satu persatu dengan menggunakan desinfektan, kemudian dilakukan pengecekan suhu badan oleh petugas dengan menggunakan thermo scanner, lalu dicatat identitas dan nomor handphone (HP) yang bisa dihubungi.

Wakapolres dalam sambutannya mengatakan, walaupun adik-adik telah lulus pengecekan suhu badan bukan berarti adik-adik bisa dikatakan bebas dari virus corona (covid-19), karena ada orang tanpa gejala (OTG) tiba-tiba sudah terpapar virus tersebut.

“Untuk itu, kami harapkan agar adik-adik ini dapat melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumahnya masing-masing. Apabila ada gejala yang mengarah terpapar virus corona (covid-19), untuk dapat segera melaporkan diri ke fasilitas kesehatan terdekat guna dilakukan tindakan lebih lanjut,” terang Kompol Eko.

Baca Juga  Kapolres Tulang Bawang Kunker Perdana Ke Mapolsek Dente Teladas

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Dandim 0426 Tulang Bawang Letkol Inf Kohir, Wakapolres, Kabag Ops Kompol Yudi Pristiwanto, SH, Kapala Kesbangpol Tulang Bawang Hamami Ria, Kadis Kesehatan Tulang Bawang Fatoni, Kabag Sumda Kompol Wahyu Andi Saputra, SH, Kasat Sabhara AKP Anas Sobirin, SE, Kasat Lantas Iptu Ipran, SH, Kasat Binmas Iptu Joni AB, Pasi Ops Kodim Kapten Inf LE Sihombing, Pasi Intel Kodim Kapten Inf Sutio dan Danramil Menggala Kapten Inf Arif Afuan.

Penulis: Rahmat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here