Realisasi Penggunaan APBDes Pekon Datar Lebuay Air Naningan Tahun 2022 Diduga Disalahgunakan Oleh Oknum Kakon..!!

0
47

TANGGAMUS (BK) – Oknum Kepala Pekon Datar Lebuay, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, diduga salahgunakan penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2022.

Diketahui, Dari nominal angka pengelolaan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) yang lebih dari 20 persen,  diduga kuat dijadikan bahan untuk upaya memperkaya diri oleh Oknum Kepala Pekon Datar Lebuay tersebut.

Dari informasi diperoleh data perihal penggunaan anggaran, yakni untuk Gorong-gorong senilai Rp18.000.000,00, Bedah jalan atau pelebaran jalan senilai Rp80.000.000,00, serta yang paling mencolok yakni, pembelanjaan Bibit (Anak) Kambing sebanyak 60 ekor dengan nilai Rp102.000.000,00. Penghasilan Tetap (Siltap) dan Tunjangan aparatur desa selama dua bulan senilai Rp40.000.000,00.

Saat dikonfirmasi prihal adanya dugaan penyalahgunaan anggaran, Kepala Pekon Datar Lebuay,  Suhartono menjelaskan,  jika salahsatu Item dari pengadaan, yakni pembelian Bibit Kambing memang benar adanya. “Bahwa sempat adanya informasi dari masyarakat mengenai kambing yang hanya dibelanjakan 30 ekor, itu bagi saya tidak benar, dan kami menganggarkan jumlah 60 ekor, dan kami juga merealisasikan sesuai jumlah tersebut. Jadi dalam pemberitaan tersebut itu kurang tepat bagi saya yang katanya hanya dibelanjakan 30 ekor”, ujar Suhartono, Sabtu (22/10/2022).

Baca Juga  Tolong Ibu Bupati, Jalan Tanjakan Tanah Dipekon Datar Lebuay Kecamatan Air Naningan Perlu Jadi Perhatian Serius..!!

Diakui pula oleh Suhartono tentang keluhan aparatur Pekonnya yang belum menerima Penghasilan tetap(Siltap) selama Dua Bulan terakhir. Menurutnya akan segera Ia berikan.

“Mengenai Siltap selama dua bulan, memang betul belum saya realisasikan, jadi kemarin kita sudah membuat kesepakatan atau musyawarah disaksikan oleh pihak BHP, perwakilan kepala dusun, dan juga yang mewakili dari pada aparat pemerintah desa kita sendiri, yang mana akan saya selesaikan pada akhir bulan Oktober ini”, janjinya.

Sementara itu, salahsatu Anggota Badan Hippun Pekon (BHP) Datar Lebuay, Tri Hariyanto menyampaikan, bila selama ini memang ada anggaran dari APBDes untuk program Ketahanan Pangan, tapi bukan untuk Pembelian Bibit Kambing seperti yang telah direalisasikan.

“Sepengetahuan kami dari anggota BHP bahwa memang ada anggaran dari APBDes untuk ketahanan pangan, akan tetapi dari rencana awal anggaran APBDes tersebut, seharusnya untuk Jalan Usaha Tani (JUT). Namun dalam kenyataannya malah dibelikan kambing walaupun mungkin tujuannya itu sama yang dimaksud Bapak kepala pekon tersebut, tetapi untuk perubahannya sendiri, kami tidak pernah diberitahukan oleh Kepala Pekon”, tegasnya.

Tri Hariyanto juga meragukan atas harga pembelian Bibit Kambing yang nilainya bisa mencapai 1.700.000  Ribu Rupiah lantaran menurutnya terlalu mahal. “Dari informasi dan laporan soal pembelanjaan kambing yang kami terima ada sebanyak 60 ekor, benar adanya dan sudah terealisasi semua, namun dari harga bibit kambing dengan harga senilai Rp1.700.000,00 itu tidak pantas dan juga tidak sesuai”, ucap anggota BHP tersebut.

Baca Juga  Aparat Pekon Datar Lebuay Kecamatan Air Naningan Salurkan BLT DD Bagi 176 KPM..!!

Dilain pihak, Camat Air Naningan, Royan Syah berjanji akan memanggil Kepala Pekon Datar Lebuay tersebut  untuk mengetahui kebenarannya. “Terus terang saya baru tahu permasalahan ini pada hari kamis kemarin, dan pada hari Jumat kemarin pula, sekdes dan salah satu kaur desa menghadap dengan menceritakan masalah ini, dan saya berikan solusinya agar mereka adakan pertemuan dulu seluruh aparat dan BHP, setelah itu cantumkan solusi dari mereka untuk berita acaranya. Dan setelah itu baru kembali saya panggil Termasuk Kepala Pekonnya juga nanti untuk mengklarifikasi masalah tersebut.”ujar Camat Air Naningan Via Aplikasi WhatsApp.

Oleh: Tim.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here