Puluhan Linmas Desa Joho Dilatih Babinsa, Ini Tujuannya

0
110

Beritakharisma.com, Wonogiri – Bertempat di halaman balai Desa Joho Kecamatan Pracimantoro telah dilaksanakan Kegiatan pelatihan Penguatan dan peningkatan kapasitas Linmas yang diikuti sebanyak 26 orang linmas. Kamis (17/10).

Tri Suyono S.sos selaku Pj Kepala Desa Joho menyampaikan kegiatan pelatihan ini telah di agendakan bagi anggota Linmas Desa Joho dengan mengundang Babinsa desa Joho Koramil 13/Pracimantoro Serma Didik untuk memberikan pengarahan sekaligus pembekalan materi, sehingga anggota linmas lebih baik, disiplin dan semangat.

Selama ini desa Joho sudah tertib, aman dan kondusif, dan dengan adanya pembekalan ini diharapkan akan lebih meningkatkan keamanan dan ketertiban di wilayah desa Joho.

Serma Didik selaku coordinator menyampaikan, fungsi linmas yaitu membantu memelihara dan meningkatkan kondisi dan tata tertib di kalangan masyarakat. Membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang di timbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam, yang mengakibatkan kerugian jiwa dan harta benda.

Baca Juga  Peran Aktif Babinsa Dalam Kegiatan Kesehatan Di Desa Binaan

Membantu membina masyarakat untuk mempertinggikan kesadaran hukum,daya tahan serta daya lawan masyarakat dlm mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan.

Fungsi linmas juga memberikan perbantuan kepada pemerintah daerah/desa, kepolisian dlm memelihara ketentraman dan ketertiban umum. Perbantuan kepada TNI dlm upaya pertahanan negara dan perbantuan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan didesa/kelurahan.

Untuk menciptakan ketentraman,ketertiban dan keamanan di lingkungan, Linmas harus bersinergi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas melalui koordinasi kepala desa setempat selaku pengendali langsung linmas.

Melalui pelatihan ini diharapkan satuan Linmas desa Joho akan semakin mantap dan menjadi lebih baik, dalam menjalankan tugas taggung jawabnya menjaga stabilitas keamanan lingkungan. Pegang teguh sumpah dan janji linmas, di hafalkan dan di pedomani.

Baca Juga  Anggota Koramil 11/Manyaran Ikuti Tabligh Akbar

Adapun materi praktek yang dilatihkan meliputi, Pembekalan dan pengetahuan Satlinmas dan Peraturan baris berbaris ( PBB)

Tampak hadir dalam pelatihan tersebut Pj Kepala desa Joho Tri Suyono. Sekdes Joho Sarpiati. Babinsa desa Joho Serma Didik Siswadi. Perangkat desa Joho dan peserta Linmas 26 orang. (Pendim 0728/Wng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here