Program BSPS Lampura Segera Terealisasi, Tapi Kenapa Rumah Darlis Johan Di Kelurahan Kotaalam Luput Dari Perhatian..?

0
263

Buruh Serabutan Harapkan Bantuan Bedah Rumah

Lampung Utara (BK) – Warga diwilayah Urban Kotabumi butuh perhatian pemerintah. Pasalnya telah beberapa tahun menempati kediamannya di Kelurahan Kotaalam, tidak tersentuh perhatian pemerintah. Khususnya program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang sering disebut bantuan bedah rumah.

Salah seorang warga setempat, Darlis Johan, yang kediamannya tak jauh atau bahkan bisa disebut di wilayah bantaran Way (sungai) Sesah, Jalan Mangku Alam, Dusun Tanjung Alam Permai itu mengaku tidak pernah tahu. Jangankan untuk mendapatkan program pemerintah peningkatan rumah layak huni bagi masyarakat bawah Indonesia tersebut, pendataan untuk bantuan lainnya saja belum pernah dirasakan olehnya.

Awak media ini sempat berbincang dan bertanya tentang kehidupan sehari-hari dengan pria yang tinggal bersama seorang istri dan 2 putri tersebut.

“Sehari-hari saya bekerja sebagai buruh serabutan bang, jangankan untuk bangun rumah, memenuhi kebutuhan tambah sulit belakangan ini, apalagi cuma mengandalkan penghidupan dari buruh serabutan yang tak menentu hasilnya,” ungkap Darlis Johan saat ditemui dikediamannya selasa lalu, (16/06/2020).

Baca Juga  Sabar..!! Pilkades Serentak Di 28 Desa Se Lampung Utara Baru Akan Dijadwalkan Pada November 2020 Mendatang

Selain harus bekerja serampangan, menurutnya, istri yang seharusnya diam dirumah seperti kebanyakan orang juga harus rela banting tulang. Dengan menjadi buruh harian cuci pakaian dilingkungannya, sebab, penghasilannya terkadang tidak memenuhi kebutuhan hidup yang kian membumbung tinggi ditengah pandemi saat ini.

“Jujur ya bang, baru saat covid ini saja kami dapat bantuan. Sebelumnya tak pernah ada, alhamdulillah masih diperhatikan. Tapi untuk keadaan gubuk saya bisa dilihat sendiri, semi permanen, masih ada geribiknya begini,” keluhnya.

Dengan keadaan ekonomi keluarga demikian, lanjutnya, hanya dapat diandalkan menutupi kebutuhan hidup sehari-hari. Bahkan tidak jarang harus Gali lubang Tutup lubang, demi memenuhi kebutuhannya. Sehingga berharap dapat perhatian, khususnya program peningkatan rumah layak huni disana.

“Harapan kami tidak muluk-muluk, kalau itu diberi, pasti kami berupaya memenuhi segala persyaratannya. Besar harapan kami apa yang menjadi program pemerintah, dapat direalisasikan dengan baik, dan bisa menjamah kami disini “lirihnya.

Sang Istri, Uly Rohmah pun berharap demikian. Sebab, menurutnya selama ini kediamannya hanya dapat dibiarkan begitu saja, rusak dimakan usia. Dan pendapatannya tidak dapat dialihkan untuk meningkatkannya, sehingga berharap kedepan dapat menjadi perhatian pemerintah.

Baca Juga  Mulai Banyak Kasus Penyebaran Penyakit DBD Di Desa Cabang Empat Kecamatan Abung Selatan, Sayangnya Aparat Desa Dan Puskes Setempat Terkesan Cuek..!!

“Ya kami tak henti-hentinya berdoa dan berusaha, semoga kedepan rumah kami dapat diperbaiki melalui program bedah rumah (BSPS) ini, “ujarnya.

Terpisah, Lurah Kotaalam, Kecamatan Kotabumi Selatan, Felix Sulandana mengungkapkan keprihatinannya terhadap permasalahan warganya. Pihaknya akan menindaklanjuti keluhan itu, agar kedepan dapat dibantu melalui program pemerintah dalam menyediakan rumah layak huni (BSPS) disana.

“Untuk tahun ini kelurahan kita kebagian 20 unit yang akan menerima program pemerintah ini. Kalau begitu coba nanti ajukan melalui Rt/Rw, agar dapat diakomodir kedepannya,”tandas Lurah Felix.

Oleh: Antoni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here