Hari Bakti PUPR ke-77, Gubernur Lampung dan Kapolda Lampung Tanam Pohon di Bendungan Marga Tiga

0
32

Lampung Timur-(BK)- Gubernur Lampung Arinal Junaidi dan Kapolda Lampung Irjen Pol. A.Wiyagus hadir dalam rangka Peringatan Hari Bakti PUPR ke-77, dengan menanam pohon hijaukan bumiku, di Bendungan Marga Tiga, Kabupaten Lampung Timur, Selasa (27/9/22).

Hadir juga pada acara itu, Bupati Lampung Timur M.Dawam Rahardjo dan Dandim 0429/Lamtim Letkol Indra Puji Triwanto, Kapolres Lampung Timur AKBP Zaky Alkazar Nasution,S.H,S.IK.M.H, Kementerian PUPR, Kepala BBWS Mesuji-Sekampung Ir.Alexander Leda dan Jajaran Pemkab Lamtim.

Foto, Kapolda Lampung menanam pohon hijaukan bumiku
Foto, Kapolda Lampung menanam pohon hijaukan bumiku

Dalam sambutannya Gubernur Lampung menyatakan, Provinsi Lampung merupakan penyumbang beras nomor 6 di tingkat nasional. Itu dengan produksi 3 juta ton per tahun. Diharapkan produksi akan terus meningkat, “ujarnya.

Karenanya, pemerintah terus berupaya meningkatkan infrastruktur pertanian. Salah satunya, Bendungan Marga Tiga yang direncanakan mampu mengairi 15 ribu hektar sawah di wilayah Lamtim, “terangnya.

Kemudian untuk menjaga kelestariannya perlu adanya penghijauan di seputaran bendungan.

Foto, Gubernur Lampung dan Kapolda Lampung tinjau lokasi Bendungan Marga Tiga
Foto, Gubernur Lampung dan Kapolda Lampung tinjau lokasi Bendungan Marga Tiga

Ditambahkan, program penghijauan di seputaran Bendungan Marga Tiga itu merupakan salah satu upaya untuk menjaga ketersediaan air dan pelestarian lingkungan, “pungkasnya.

Kesempatan yang sama Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung Alex Leda menjelaskan, bendungan itu rencananya akan diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada akhir Desember 2022 mendatang, “ujarnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung (BBWS-MS) Ir.Alexander Leda ST,MT  dalam laporannya menyampaikan bahwa progres pembangunan Bendungan Marga Tiga saat ini secara fisik sudah mencapai sekitar 97,5%

Baca Juga  Pemprov Lampung Dinilai Tidak Peka, Akhirnya Jalan Provinsi Digarap Warga Selagai

“Artinya secara fisik sudah selesai yang tertinggal adalah perapihan-perapihan dan land clearing, pembersihan genangan dan pembebasan lahan, saya harap sesuai janji Pak Gubernur kepada Pak Presiden bahwa bulan Desember selesai,” ucapnya.

Kemudian terkait ucapan Gubernur bahwa ketersediaan air sangat penting untuk pertanian, Alexander Leda menyatakan bahwa insan PUPR siap mendukung sepenuhnya semua program-program Gubernur Lampung, terutama dalam hal ketersediaan air, ketahanan air, dan ketahanan pangan.

“Saya ibaratkan bahwa sungai adalah pembuluh darah, jantung daripada ketersediaan pangan, bukan saja provinsi Lampung tetapi juga Negara Kesatuan Republik Indonesia,

Oleh karenanya Pak Gubernur kita tahu bahwa di sepanjang Bendungan Way Sekampung ini ada 3 bendungan, yang di hulu itu batu tegi,  tampungannya kurang lebih 700 juta meter kubik, di hilirnya ada Bendungan Way Sekampung tampungannya hampir 670 juta meter kubik air,

Kemudian dipakai di bendung Argopuro yang mengairi kurang lebih 55.000 hektar lahan yang kita kenal dengan sekampung sistem,” ucap Kepala BBWS Mesuji-Sekampung Ir.Alexander Leda.

“Kemudian setelah membangun Bendungan ini Pak Gubernur sesuai dengan instruksi Pak Menteri kami harus menghijaukan setiap bantaran Bendungan, setiap bantaran dari infrastruktur sumber daya air yang kami bangun jangan sampai ada bagian yang tersingkap dan kelihatannya coklat dan dengan tema mari Hijaukan Bumi kami ingin menghijaukan kembali area-area tersebut sebagai bentuk daripada kepedulian kepada ketahanan pangan,” lanjutnya.

Baca Juga  KADINDA Dukung Pemkab Lamtim, Berusaha Mencari Solusi Menutupi Defisit Keuangan Pemkab Lamtim

Pada kegiatan tersebut secara simbolis akan ditanam pohon sebanyak kurang lebih 1700 pohon dari hasil sumbangan Dinas Kehutanan Provinsi Lampung 1000 pohon dari BBWS 500 pohon dan dari BRI Metro 200 pohon, Ir.Alexander Leda juga menyatakan bahwa untuk Bendungan Mangga Tiga akan dibangun cluster khusus buah-buahan, yang nantinya akan dikelola oleh masyarakat.

Pada kunjungannya ke Bendungan Marga Tiga, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Bupati Lampung Timur M. Dawam Rahardjo juga menyempatkan untuk mengunjungi rumah warga dan memberikan bantuan berupa sembako secara simbolis. Bantuan sebanyak 300 paket sembako serta bantuan pemenuhan kebutuhan dasar bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) tersebut rencanannya akan disalurkan secara langsung kepada warga melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial.

Acara dilanjutkan dengan penanaman pohon penghijauan. Kemudian peninjauan ke bendungan.

Oleh: Red 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here