Gakkumdu Dan Bawaslu Way Kanan Miliki Waktu 5 Hari Untuk Umumkan Hasil Dugaan Keterlibatan Tiga Oknum Pejabat Yang Terlibat Politik Praktis..!!

0
658

Way Kanan (BK) – Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Bawaslu Kabupaten Way kanan berpacu dengan waktu yang terbatas, untuk mengundang dan meminta klarifikasi terhadap  para saksi termasuk oknum Pejabat Eselon II dan III yang dilaporkan oleh perorangan dan dikawal Tim Pemenangan Paslon Kada Way Kanan Nomor Urut 1 Juprius – Rina Marlina (ARJUNA) atas dugaan keterlibatan Oknum Pejabat di lingkup Pemkab Way Kanan dalam Politik Praktis. Dengan bukti rekaman Video, yang belakang kini telah beredar dan viral di masyarakat Way Kanan khususnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Way Kanan, Yesi Karnainsyah, S.Sos saat dikonfirmasi pada Jumat (3/10/2020) sore membenarkan, jika saat ini Petugas Sentra Gakkumdu tengah mengundang dan meminta klarifikasi terhadap siapa saja yang dianggap tau permasalahan yang terjadi tersebut.

“Hari Rabu kemarin (30/09/2020), memang kita ada laporan dari perorangan, terkait dengan viralnya video dugaan netralitas ASN yang di Kabupaten Way Kanan ini. Nah karena netralitas ASN ini diatur dalam Undang undang Pemilihan nomor 10 tahun 2016 itu, Dia bisa dikenakan Sanksi Pidana selain sanksi Adminiatrasi, maka kita teruskan prosesnya ke Gakkumdu.” ungkap Yesi.

Di Gakkumdu sambung Ketua Bawaslu, petugas (yang bekerja yakni terdiri unsur Kepolisian, Kejaksaan dan komisioner Bawaslu, Red) hanya memiliki waktu 3 Hari plus 2 hari untuk membuktikan status oknum Pejabat yang terlibat.

“Ada Waktu Klarifikasi itu 3 Hari Plus 2 kepada petugas untuk mengundang siapa saja yang dianggap mengetahui. Jika kita hitung berarti ada waktu sampai Hari Senin(5/10/2020) apa hasil dari pembahasan itu. Setelah dibahas, maka dari Sentra Gakkumdu akan diserahkan laporan hasilnya ke Bawaslu Way Kanan. Baru nanti Bawaslu yang akan mengumumkan, Apakah kasusnya akan diteruskan atau di hentikan.”tegasnya.

Baca Juga  Orang Tua Korban Pencabulan Anak Dibawah Umur Kota Metro Mengaku Telah Berdamai Tapi Hasil Perdamaian Belum Diberikan..!!

Sementara itu, Usai memberikan klarifikasi di Sentra Gakkumdu Way Kanan, para terlapor enggan memberikan tanggapan kepada awak media yang telah menunggu mereka. Begitu pula sikap dan tanggapan Ketua Koordinator Gakkumdu Way Kanan Tri Wana, yang seolah bungkam dan hanya mengarahkan Wartawan Media beritakharisma.com untuk menanyakannya langsung ke Ketua Bawaslu.

“Silahkan menghubungi langsung Ketua Bawaslu.” Ucap Tri Wana singkat.

Diberitakan sebelumnya, Tim pemenangan Pasangan Calon Kepala Daerah Nomor Urut 1, Juprius – Rinna Marlina (Arjuna )Laporkan Edwin Bapur, Raminto dan Bismi yang berstatus ASN Way Kanan ke Gakkumdu atas dugaan keterlibatan mereka dalam Politik Praktis pada Rabu(30/09/2020).

Berbekal bukti Compact Disc(CD) berisikan Video yang menunjukan oknum Kadis Koperasi Kabupaten Way Kanan, Edwin Bapur yang kuat dugaan telah melakukan mobilisasi atau mengarahkan pandangan politiknya untuk mendukung calon Kada tertentu di Way Kanan, kepada sejumlah masyarakat dan oknum PNS di Pisang Baru, Kecamatan Bumi Agung pada Minggu, 27 September lalu.

Indro, Saksi Pelapor yang melaporkan atas nama Edi membenarkan hal itu, menurutnya tim pemenangan pasangan ARJUNA resmi melaporkan Kadis Koperasi Way Kanan, Edwin Bapur beserta Kadis BPBD Way Kanan, Bismi serta Sekretaris Dinas Pendidikan Way Kanan, Raminto ke Gakkumdu setempat.

Baca Juga  Corona Pengaruhi Kenyamanan Kerja, Panwascam Blambangan Umpu Nyambi Pekerjaan Lain

“Ya benar hari ini kami tim pemenangan ARJUNA telah melaporkan 3 orang pejabat dinas ke Gakkumdu. Hal ini berdasarkan Vidio yang menunjukan bahwa pejabat tersebut diduga telah melakukan mobilisasi politik,”ujar Edi selaku pelapor dalam hal ini yang dikatakan Indro saksi pelapor, Rabu (30/9/2020).

Indro menambahkan, bahwasanya ketiganya diduga telah melanggar etika ASN.

Dimana, ada 9 (sembilan) etik ASN yang tercantum dalam *SE Mendagri Nomor B/7l/M.SM.00.00/2017*, yaitu PNS dilarang melakukan pendekatan terhadap partai politik, memasang spanduk/baliho yang mempromosikan serta mendeklarasikan dirinya atau orang lain sebagai bakal calon kepala daerah/wakil kepala daerah.

Baca juga berita terkait sebelumnya..!!

Tim ARJUNA Untuk Way Kanan Resmi Laporkan Oknum Kadis Koperasi, Kadis BPBD Dan Sekretaris Dinas Pendidikan Ke Gakkumdu Way Kanan, Ini Alasannya..!!

Oleh: Heriyadi/Red.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here