Dewi Handajani Maju Kebursa Pencalonan Ketua KONI Tanggamus..!!

0
91

Tanggamus (BK) – Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani ikut serta meramaikan bursa penjaringan bakal calon ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tanggamus, masa bhakti 2022-2026 Kamis (3/2/2022).

Bupati diwakili Liasion Officier (LO) Riens Devila Abdul Kadir, datang secara langsung ke sekretariat Tim penjaringan bakal calon ketua KONI di kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pekon Terbaya, Kecamatan Kotaagung, sekira Pukul 14.30 WIB. Diterima langsung oleh Sekretaris panitia penjaringan bakal calon ketua KONI, Iyen Mulyani serta anggota panitia penjaringan.

Riens menerangkan, kedatangan dirinya didampingi dua perwakilan pengurus Cabor ke Sekretariat Penjaringan, Ketua KONI ialah mewakili Hj. Dewi Handajani untuk mendaftar sebagai Bakal Calon Ketua KONI Kabupaten Tanggamus.

“Alasan mendasar ikut sertanya Bunda Dewi dalam pendaftaran bakal calon Ketua KONI Tanggamus, ialah dukungan dari cabang olahraga (Cabor) yang memintanya agar supaya mencalonkan diri sebagai Ketua KONI Tanggamus periode 2022-2026 mendatang. Mohon maaf sebelumnya, Bunda tidak bisa hadir secara langsung untuk mendaftar, dikarenakan ada agenda beliau harus ke Jakarta,” kata Riens.

Lalu terkait Visi-Misi, jika nantinya Hj. Dewi Handajani terpilih sebagai ketua KONI Tanggamus. Ia menerangkan bahwa pihaknya masih akan fokus melalui proses saat ini, termasuk Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 8 Februari mendatang, dan jikapun nantinya terpilih tentunya Bunda Dewi sapaan akrab Bupati, memastikan akan melakukan sinergi dengan seluruh cabang olahraga dan program program yang ada di setiap cabang olahraga.

Baca Juga  Bupati Dewi Handajani Salurkan Bantuan Dari Baznas Tanggamus Untuk Yang Membutuhkan...!!

“Nantinya apapun program, masukan dan juga saran akan ditampung oleh Bunda Dewi jika terpilih sebagai ketua KONI, intinya apapun itu selama membawa arah yang lebih baik untuk kemajuan olahraga di Kabupaten Tanggamus, beliau akan mendukung,”ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris panitia tim penjaringan ketua KONI Kabupaten Tanggamus, Iyen Mulyani menerangkan bahwa berkas formulir atas nama Hj. Dewi Handajani dinyatakan lengkap, selanjutnya diberikan tanda terima dan layak untuk mengikuti pemilihan Musorkab tanggal 8 Februari nanti.

“Kita juga masih membuka pendaftaran, apabila ada bakal calon yang akan mendaftarkan diri ke sekretariat penjaringan sampai dengan tanggal 5, hari Sabtu Pukul 15.00 WIB, dan sampai saat ini baru satu orang atas nama Ibu Dewi Handajani,” terangnya.

Iyen menerangkan, bahwa tahapan tahapan yang telah dilalui ialah dimulai pada tanggal 29 Januari lalu l, dimana pihaknya telah mengumumkan bahwa menerima pendaftaran bakal calon ketua KONI dari siapapun, tentunya dengan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, salah satunya ialah didukung dari cabang olahraga (Cabor).

“Saat ini kita buka pendaftaran, lalu seleksi berkas dan pada tanggal 8 nanti akan diadakan musyawarah olahraga kabupaten, yang insyallah akan dilaksanakan di ruang rapat utama, Sekretariat Pemkab Tanggamus,” paparnya.

Terpisah, Ristika Trianita Careteker sekaligus ketua pelaksana Musorkab mendampingi Ketua careteker KONI Kabupaten Tanggamus Ferry Frisal Panusa, menjelaskan bahwa akan dilaksanakannya Musorkab tersebut lantaran kepengurusan KONI periode 2017-2021 telah habis masa jabatan per tanggal 20 Juni 2021 lalu, lalu diperpanjang selama enam bulan sampai dengan 20 Desember 2021.

Baca Juga  Peringati HCTPS Ke - XV Bupati Tanggamus Ajak Masyarakat Hidup Sehat Agar Terhindar Dari Covid 19..!!

“Salah satu tujuan memperpanjang SK itu. Ialah untuk pelaksanaan Musorkab, karena wajib jika kepengurusan sudah habis sehingga harus diganti atau reshuffle, Nah hingga tanggal 20 Desember itu belum terselenggara, maka berdasarkan AD/ART KONI maka menjadi wewenang KONI provinsi dan tidak bisa diperpanjang lagi,” jelasnya.

Atas dasar itu, lanjutnya berdasarkan koordinasi dengan Pemkab Tanggamus dan juga KONI Provinsi Lampung diputuskanlah untuk menunjuk careteker, berjumlah lima orang terdiri dari tiga KONI Provinsi Lampung dan dua diantaranya dari unsur pemerintah daerah.

“Careteker ini dibentuk selama tiga bulan, dari Desember hingga Maret 2022, jadi selama tiga bulan itu, Musorkab hingga proses rangkaian pelantikan itu harus sudah selesai, sehingga Februari ini harus terselenggaranya Musorkab sampai nanti dengan pelantikan dikawal oleh careteker, careteker ini ditunjuk oleh KONI Provinsi untuk menangani sementara olahraga dan KONI di Tanggamus, tugas utamanya ya itu membantu atau memfasilitasi penyelenggaraan Musorkab dan pelantikan,” tandasnya.

Oleh: Sapriadi/Rls.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here