Bupati Tanggamus Terima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 Dari PPPA RI..!!

0
9

Tanggamus (BK) — Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020. Dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Acara pemberian penghargaan dilakukan secara virtual dari Jakarta. Bupati Tanggamus, Hj Dewi Handajani dan jajaran mengikuti prosesi pemberian penghargaan dari Ruang Rapat Utama Bupati Tanggamus, turut hadir mendampingi Bupati, Inspektur Tanggamus, Ernalia, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (PPPA dan KB) Edison, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), Suaidi serta Bappelitbang.

Dalam arahannya, Menteri PPPA RI , Gusti Ayu Bintang Darmawati, menyampaikan bahwa APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementrian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, dan perlindungan anak serta memenuhi kebutuhan anak serta pelaksanaan strategi pengarusutamaan gender (PUG). Beberapa indikator penilaian penghargaan APE diantaranya, indeks pembangunan gender dan indeks pemberdayaan gender.

Baca Juga  Pringati Tasyakuran Dengan Sederhana Atas Tiga Tahun Kepemimpinan Bupati-Wakil Bupati Tanggamus, Banyak Prestasi Yang Telah Ditorehkan..!!

“Sementara upaya-upaya menuju kesadaran gender adalah strategi yang seharusnya melandasi pembangunan dengan memberdayakan semua masyarakat, baik perempuan maupun laki-laki untuk dapat keluar dari kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup mereka yang berujung pada peningkatan perekonomian,”kata Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Sementara, Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa syukur karena tahun ini Pemerintah Kabupaten Tanggamus dapat meraih Penghargaan APE 2020 dari Menteri PPA RI.

“Semoga ini akan menambah semangat motivasi dan komitmen kami dalam mewujudkan kesetaraan gender yang lebih baik lagi kedepan di Kabupaten Tanggamus, serta mampu menciptakan keadilan (kesetaraan gender) bagi SDM perempuan yang memiliki potensi diberbagai bidang pembangunan,”kata Bunda Dewi sapaan akrabnya.

Baca Juga  Perduli Jumat Berkah, Bupati Tanggamus Bersama Ketua TP PKK Sambangi Kediaman Beberapa Warga Di Pekon Tekad Pulau Panggung..!!

Sementara itu Plt. Kadis PPPA dan KB, Edison mengatakan diraihnya Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 tersebut tidak terlepas dari sinergitas dan kerja tim serta koordinasi yang baik dengan seluruh stakeholder terkait, tentunya menurut Edison capaian tersebut menunjukkan bahwa kesetaraan gender di Kabupaten Tanggamus tercapai dengan baik.

“Insyaallah tahun depan kita berupaya
Untuk meraih kategori berikutnya yakni Madya, dan itu diperlukan kerjasama yang lebih baik lagi, melibatkan semua pihak, siapa berbuat apa, serta hal hal yang perlu diperbaiki dan kita lakukan,”kata Edison.

Oleh: Adv.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here