Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus Beri Bimtek Program PTM, Hepatitis dan TB Paru Di Puskesmas Air Naningan..!!

0
37

Tanggamus (BK) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanggamus melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), menggelar Bimbingan Teknis Program Penyakit Tidak Menular (PTM), Hepatitis dan TB Paru. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula UPTD Puskesmas Air Naningan, yang dihadiri perwakilan Dinkes Kabupaten Tanggamus dan jajaran staf Puskesmas Air Naningan. Selasa (15/3/2022).

Seusai Bimtek Ka.UPTD Puskesmas Hi.Bambang Nurwanto SKM.M.Kes menyampaikan bahwa kegiatan tersebut perlu dilakukan, sebagai upaya deteksi dini, preventif dan respon terhadap penyakit, khususnya Penyakit Tidak Menular (PTM), Hepatitis dan TB Paru.

“Kegiatan ini untuk melakukan Pelayanan Terpadu Penyakit Tidak Menular (PTM), Hepatitis dan TB, dan meningkatkan pengetahuan petugas dalam Sistem Informasi Penyakit Tidak Menular (SIPTM),” jelasnya.

Masih lanjut Bambang Nurwanto, Puskesmas mempunyai fungsi penyelenggaraan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) tingkat pertama, dan penyelenggaraan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) tingkat pertama di wilayah kerjanya.

Baca Juga  Sekda Tanggamus Buka Pertemuan Re - Organisasi Acara Tim Forum Komunikasi GERMAS..!!

“UKM adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah dan menanggulangi timbulnya masalah kesehatan masyarakat, sedangkan UKP adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, serta mencegah dan menanggulangi timbulnya masalah kesehatan perorangan,” paparnya.

Jadi sambung Bambang Nurwanto, Puskesmas bukan saja berperan menjalankan teknis medis, tapi juga mengorganisasi modal sosial yang ada di masyarakat, agar terlibat dalam penyelenggaraan kesehatan secara mandiri Sehingga pelayanan yang dilaksanakan oleh puskesmas dapat memberikan hasil yang lebih baik karena mampu menjangkau masyarakat luas dengan biaya yang lebih rendah.

” Dan banyaknya kasus PTM yang dapat ditangani dan di kelola di Fasilitas Tingkat Pertama (FKTP) secara tepat, maka perlu dilaksanakan kegiatan Peningkatan kapasitas SDM bagi pemegang program melalui Bimbingan Teknis tersebut ” Ujar Bambang.

Baca Juga  Sekda Tanggamus Buka Pertemuan Re - Organisasi Acara Tim Forum Komunikasi GERMAS..!!

Berdasarkan hasil sasaran program PTM untuk DM sasaran 204 dengan capaian (90 persen),sasaran Hipertensi (HT) 6698 dengan capaian (80 persen), Hepatitis sasaran 644 capaian (17,5 persen),TB Paru target 570 Suspec tercapai 79(14 Persen) dengan target kasus 106 capaian (9,4 Persen).

Di tempat yang sama, Dwi Retno Sari S.ST. pemegang program, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus, dan berharap dengan adanya Bimtek ini program yang telah ada di puskesmas Air Naningan akan lebih baik lagi.

” Terima kasih kepada dinas kesehatan atas bimbingan dan kritikannya, dengan adanya Bimtek ini, semoga kedepannya program program dapat terus ada hingga akan lebih baik lagi, ” harap Retno.

Sumber: Puskesmas Kec.Air Naningan/ Bidang P2P DinKes Kabupaten Tanggamus /Adv.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here