Anggaran Hibah Tahun 2019 Organisasi K3S SD Dan MKKS SMP Di Lambar Tidak Diketahui Siapa Yang Mencairkan..!!

0
17

Lampung Barat (BK) – Bantuan dana hibah dari pemerintah yang di peruntukan untuk membantu organisasi – organisasi di lingkungan pemerintah daerah hal tersebut sesuai dengan Undnag-undang Nomor 1 tahun 2004 dan peraturan menteri dalam negeri nomor 32 tahun 2011 tentang pedoman pemberian hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Daerah yang telah beberapa kali di ubah terakhir menjadi Permendagri Nomor 14 tahun 2016.

Tujuan pemberian dana hibah yakni memberikan bantuan kepada organisasi di lingkungan pemerintah sebagai dana penunjang kebutuhan dan kegiatan-kegiatan organisasi tersebut dengan mengacu kepada aturan dan asas kepentingan organisasi yang memiliki struktur organisasi dengan legalitas terdiri beberapa pengurus dan di SK kan baik melalui badan hukum maupun pejabat yang berwenang.

Namun pada kenyataan nya salah satu dana hibah yang di alokasikan untuk organisasi bidang pendidikan K3S Sekolah Dasar dan MKKS SMP yang ada di Kabupaten Lampung Barat diduga telah menjadi dana siluman atau tidak jelas pengelola nya.

Sangat di sayangkan, dana hibah organisasi yang di salurkan melalui rekening organisasi masing-masing tersebut, melalui bank daerah yakni Bank Lampung, terkesan menjadi dana siluman dan tidak jelas pengguna anggaran nya, serta siapa yang mencairkan dana tersebut di rekening bank yang atas nama organisasi.

Baca Juga  SD Negeri 01 Pahayu, Kecamatan Pagar Dewa Tetapkan Kelulusan Tahun 2021..!!

Hal ini diketahui Tim media yang tergabung di bawah naungan PWRI, saat membuka Data yang bersumber dari LHP BPK Provinsi Lampung, atas Kabupaten Lampung Barat Tahun anggaran 2019, diketahui untuk realisaai penyaluran dana hibah untuk K3S SD sudah terealisasi 100% dengan Nilai Rp. 25.000.000,- ( Dua Puluh Lima Juta Rupiah ), MKKS SMP pun mendapatkan dana dengan jumlah yang sama, Selasa 16 November 2021.

Ketua K3S Kabupaten Lampung Barat, Darlin,S.Pd ketika di hubungi untuk di konfirmasi hanya bisa via whatshapp. Dimana dalam chatnya itu mengatakan, bila dana itu tidak dapat dicairkan. “Terkait dana hibah k3s memang ada termasuk MKKS, namun dana tersebut tidak bisa di salurkan karna harus ada izin dari kantor akta notaris, dan sk bupati”. Jawab Darlin.

Baca Juga  Dinas Pendidikan Lampung Barat Gelar Sosialisasi Dan Rekonsiliasi Tata Kelola Dana BOS..!!

Sementara itu, Bendahara K3S Marwiyah,S.Pd saat di konfirmasi, beliau menyatakan bahwa tidak tahu menahu masalah dana hibah tersebut.
“Saya tidak tau terkait masalah dana hibah tersebut, karena saya tidak pernah mengambil dana hibah”. Imbuhnya.

Untuk kegiatan yang ada Tingkat sekolah maupun tingkat kecamatan dan Kabupaten, di anggarkan melalui dana bos bidang ekstrakulikuler, seperti di ketahui saat tim mengkonfirmasi kepada salah satu kepala sekolah yang enggan di sebutkan nama nya, dan mengatakan bahwa setiap kegiatan perlombaan sekolah itu di anggarkan melalui dana bos.

Dengan ada nya kejanggalan ini, tim berencana akan mengajukan surat permohonan informasi publik kepada BPKAD Kab. Lampung Barat, dan jika di temukan indikasi penyimpangan, Tim meminta masalah ini untuk di tindak lanjuti oleh inspektorat atau APH yang berwenang untuk dilakukan audit dan proses hukum.

Oleh: Tim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here