Akhirnya,!! Pemkab Way Kanan Respon Cepat Keluhan Nasabah Dari “Bank Mekkar” Akibat Covid 19

0
1129

Way Kanan (BK) – Menanggapi keluhan nasabah PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekkar. Yang lebih dikenal oleh masyarakat Kabupaten Way Kanan dengan sebutan Bank Mekkar, dimana nasabah diharuskan membayar kewajiban angsuran kepada pihak Bank Mekkar area Kabupaten Way Kanan di tengah Pedemi Covid-19.

Akhirnya Pemerintah Kabupaten Way Kanan merespon cepat keluhan warganya tersebut, walhasil melalui Sekertaris Daerah, Saipul, S.Sos., M.I.P terbitkan surat himbauan yang ditujukan untuk para pimpinan perbankan dan non perbankan, khusus untuk di wilayah operasional di Kabupaten Way Kanan, dengan nomor surat 500/306/1.06-WK/2020. Perihal kebijakan stimulasi perekonomian dampak Covid-19, dimana dalam isi surat yang dikeluarkan oleh Sekda Way Kanan itu, berisi beberapa poin yang merujuk dari pemerintah pusat.

Diantaranya, Peraturan pemerintah pengganti Undang-undang RI No 1 Tahun 2019 tertanggal 13 Maret, tentang kebijakan negara dan setabilitas sistem keuangan untuk penanganan pandemi Covid-19.

“Selanjutnya peraturan Otoritas Jasa Keuangan No 11/POJK-03/2020 tanggal 13 Maret 2020, tentang Stimulus perekonomian nasional sebagai kebijakan Countercylcal dampak penyebaran Covid-19. Serta pengumuman Ketua umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI).” Demikian salah satu isi kutipan Himbawan tersebut.

Baca Juga  Tim Joker Way Kanan Soroti Adanya Dugaan Pekerjaan Proyek Siluman Asal Jadi, Joker Akan Lapor Ke KPK..!!

Menindak lanjuti sesuai aturan-aturan yang telah dikeluarkan, baik dari pemerintah pusat, OJK, dan pengumuman ketua APPI dalam rangka stimulus ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Way Kanan. Maka Pemkab Way Kanan mengharapkan kerjasama kepada pihak pimpinan perbankan dan non perbankan dalam beberapa hal.

“Diantaranya melaksanakan restrukturisasi atau keringanan kredit bagi debitur usaha mikro kecil dan menengah pada sektor pariwisata, transportasi, perhotelan, perdagangan, pengolahan pertanian, dan pertambangan yang terdampak akibat pademi Covid-19 dalam memenuhi kewajibannya.” Lanjut Saipul melalui Surat Himbawan yang di tandatanganinya.

Untuk itu, Pemkab Way Kanan meminta kepada semua pihak perbankan maupun non perbankan termasuk PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekkar atau Bank Mekkar, agar dapat melaksanakan himbawan tersebut diantaranya, Berupa penurunan suku bunga , perpanjangan jangka waktu punjaman, mengurangi tunggakan pokok, tunggakan bunga, penambahan vasilitas kredit/ pembiayan atau jenis keringanan lainnya.

Baca Juga  Warga Tulang Bawang Kejang Kejang Dan Meninggal Dalam Bus, Wow Ternyata Ini Penyebabnya...!!

“Serta Membantu debitur dalam mengajukan permohonan kredit,
lalu mempermudah persyaratan bagi calon debitur kredit usaha rakyat, juga stimulus yang telah ditetapkan perbankan yang terkena dampak Covid-19.” Lanjut kalimat dalam surat itu.

Surat tersebut juga di tembuskan kepada Bupati Way Kanan, Wakil Bupati, dan Kepala Otoritas Keuangan Dikjen Provinsi Lampung, serta Kepala Kanwil Dikjen Perbendaharaan Provinsi Lampung. (R. Mulia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here