Rutan Kelas II B Menggala Tetap Fasilitasi Pengunjung Agar Tetap Berkomunikasi Aman Dengan Warga Binaan Serta Tetap Waspada Adanya Covid 19

0
119

Tulang Bawang (BK)-Rutan Kelas II B Menggala Tulang Bawang berupaya maksimal untuk mengantisipasi masuknya Virus Corona kedalam Rutan.

Petugas Rutan kini harus bekerja ekstra dengan melakukan berbagai hal, antaranya memfasilitasi pengunjung dengan menyediakan perangkat komunikasi, agar para Tahanan dapat selalu berkomunikasi via sambungan Video Call dengan keluarga mereka yang datang.

Penyediaan fasilitas Video Call ini dilaksanakan mulai jam 08.30 WIB hingga 11.30 WIB, dengan batas waktu setiap Warga Binaan 10 Menit.

“Kita mengambil kebijakan ini agar melindungi Warga Binaan dari penyebaran Covid-19 yang sudah menjadi pandemi yang dialami seluruh wilayah di Dunia, dengan tidak memutus komunikasi Warga Binaan dengan keluarga dan bisa bertatap muka dengan aplikasi VideoCall yang sudah dibuat.”ungkap Rizcho mewakili Gowim Mahali Kepala Rutan Kelas II B Menggala.

Muhamad Rizcho, Kasubsi Pelayanan tahanan ini juga mengaku, bila pihak Rutan sebelumnya telah berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan setempat terkait pencegahan Virus Corona Covid-19 melalui sosialisasi.” Pertama kami berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan untuk melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada warga binaan kami.”ujar M.Rizcho, Rabu(1/4).

Baca Juga  Sejumlah Warga Binaan Rutan Kelas II B Tulang Bawang Dapat Remisi Hari Raya Dan Ketupat Gratis

Berdasarkan surat edaran dari Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Menkumham)RI, Pihak Rutan diminta untuk menyiapkan atau memasang banner. Contohnya seperti cuci tangan, pemakaian masker, serta menyiapkan seperti wastafel. Sehingga pengunjung ataupun dari pihak tamu dan pegawai Rutan wajib cuci tangan sebelum berinteraksi.

“Termasuk warga binaan kita didalam sudah kita siapkan untuk mencegah penyebaran Virus Corona. Selain itu juga kami siapkan Sterilisasi book, dengan bahan cairan disinfektan,menyediakan cairan Hand Sanitizer, dan kalau mau masuk area Rutan harus dicek suhu badan dan cuci tangan yang sudah di sediakan di depan pintu masuk,”jelas rizcho.

Lebih lanjut Pihak Rutan Kelas II B Menggala Ucapkan terimakasih Kepada Pihak Pemkab dan Dinas Kesehatan setempat, dimana selama ini rutin melakukan pengecekan kesehatan bagi para Tahanan.

Baca Juga  Inilah Penderitaan Narapidan Rutan Menggala

“Kami berterima kasih dari pihak Dinas Kesehatan karena Dokter setiap seminggu sekali datang untuk mengecek dan kontrol adanya virus corona. Alhamdulillah warga binaan di tempat kita sementara ini negatif, Insyaallah jangan sampai itu terjadi pada warga binaan kita atau masyarakat kita yang ada di tulang bawang.

Sementara itu, terkait dengan adanya para Tersangka atau tahanan baru, pihak Rutan sudah berkoordinasi dengan Kejaksaan dan Polres setempat, seperti Kabupaten Mesuji,Tulang bawang barat, Tulang bawang, untuk tidak menerima tahanan sementara sampai waktu yang tak ditentukan.

“Baik itu tahanan A1 atau A2, karena dari polres sudah pelimpahan P-21 ke kejaksaan, maka para tersangka itu tetap ditahan di polres tidak di Rutan sampai putusan sidang,” tegas rizcho. (Rahmat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here