Personil Damkar Dianggap Lalai, Armada Dan Aset Dipindahkan Sementara Ke Kantor Sat. Pol PP, Proses BAP Tetap Berlanjut..!!!

0
963

TANGGAMUS (BK) – Dari kelalaian personil Damkar yang tidak standby di Pos saat terjadinya musibah kebakaran yang menghanguskan bangunan rumah milik Asep Asrori pada, Rabu (3/6/2020) kemarin, berbuntut pada penarikan sementara armada Mobil Damkar yang sebelumnya berlokasi di pekon Banding Agung dan dialihkan ke Kantor Sat Pol. PP di Komplek Perkantoran Pemkab Tanggamus.

Penarikan fasilitas Damkar dan pengosongan Pos Damkar yang ada di Pekon Banding Agung itu, dilakukan setelah adanya mediasi antara pihak Pekon yang disaksikan oleh Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, pihak Kecamatan dan aparatur Pekon beserta pihak Damkar Tanggamus di Kantor pekon setempat.

Pj. Kepala Pekon Banding Agung Kecamatan Talang Padang, Atun Lista mengatakan, pemindahan sementara itu dilakukan karena khawatir adanya tindakan masyarakat yang anarkis lantaran kecewa dengan kinerja dari personil Damkar, yang seharusnya selalu siaga saat terjadinya musibah kebakaran, apalagi yang terjadi kemarin lokasinya hanya berjarak beberapa meter saja dari Pos Damkar.

Baca Juga  Oknum Kepala Pekon Di Tanggamus Diduga Lecehkan Media Online, Ketua PD IWO Setempat: Jika Ada Kepala Pekon Yang Gaptek Mundur Saja Dari Jabatannya..!!

“Selain itu, masyarakat juga meminta tindakan tegas atas kelalaian menjalankan tugas personil Damkar yang semestinya standby di lokasi (Piket) di Pos tersebut,” katanya, Kamis (4/6/2020).

Atun Lista mengungkapkan, dari pertemuan antara masyarakat dengan pihak Damkar Tanggamus, telah disepakati untuk memindahkan armada mobil damkar dan mengosongkan Pos Damkar yang ada di Pekon Banding Agung Kecamatan Talang Padang tersebut.

“Mobil Damkar, dan pengosongan Pos sudah dilakukan, namun terkait tuntutan masyarakat tentang evaluasi kinerja anggota Damkar yang semestinya bertugas hari itu, kami serahkan sepenuhnya kepada internal Instansi terkait,” ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Damkar dan Linmas, Asmuni didampingi Kasi Damkar, Nusirwan mengatakan, konsekwensi tersebut dapat diterima oleh bidang Damkar untuk menarik sementara armada Damkar yang ada di Pos Banding Agung.

Baca Juga  Bupati Tanggamus Sampaikan Laporan Pertanggungjawaban APBD 2019 Dalam Rapat Paripurna DPRD..!!

“Kami mengakui ini merupakan kesalahan kami, karena kurang kedisiplinan anggota di Pos Damkar pada hari itu, konsekwensinya pun kami terima. Pemindahan sementara sudah kami lakukan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

Ditambahkan Nuzirwan, terkait sanksi kepada anggotanya yang tidak disiplin tersebut sedang dalam proses, dan yang pasti akan ada sanksi tegas kepada mereka.

“Sanksinya kita belum tahu, sebab saat ini mereka sedang di BAP oleh Kasat Pol PP, selanjutnya, resiko kelalaian itu akan diserahkan ke Inspektorat, untuk dipertimbangkan dan dilakukan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku,” tandasnya.

Oleh: Sapri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here