Kepala Kampung Bumi Baru Terus Konsisten Sosialisasikan Protokol Kesehatan Pada Pengunjung Pasar Di Era New Normal

0
290

Way Kanan (BK) – Di era new normal, aparatur Kampung Bumi Baru dan Puskesmas setempat, tetap memberikan sosialisasi untuk tetap menjalankan protokol kesehatan.

Sosialisasi yang dilaksanakan pada Rabu (24/6) di pasar mingguan kampung Bumi Baru ini, menyasar kepada para pedagang dan pengunjung pasar saat mereka berinteraksi, dan bertransaksi di pasar.
Kegiatan yang dilaksanakan meliputi, pengecekan suhu badan baik pengunjung maupun pedagang, menegur dan mengingatkan pengunjung dan pedagang yang lalai tidak menggunakan masker, serta memberikan masker gratis kepada mereka, menjaga jarak minimal 1,5 meter, tidak boleh berlama-lama di pasar, serta dilarang membawa anak kecil ke pasar.

Dalam arahannya, Kepala Kampung Bumi Baru A. Candra Kurniawan mengatakan, pihaknya serta puskesmas tidak akan bosan untuk menegur, mengingatkan dan menghimbau kepada seluruh masyarakatnya, dan para pedagang, untuk tetap menjalankan protokol kesehatan di era new normal ini, sehingga berdampak terbebasnya Kampung Bumi Baru dari Covid 19.

Baca Juga  Kurangi Kecemasan Dan Agar Tetap Fokus Sebagai Penyelenggara Pemilu, Tim Gugus Tugas Covid Kabupaten Hibahkan APD Untuk KPU Daerah Way Kanan..!!

“Di era new normal ini, telah banyak masyarakat yang melalaikan protokol kesehatan, tetapi di Kampung Bumi Baru insya Allah akan tetap menjalankan protokol kesehatan,” kata Candra Kurniawan.

Khusus untuk di pasar, lanjut Candra, kedepan, bagi masyarakat dan pedagang di pasar yang tidak menggunakan masker, maka akan diberikan sanksi tegas, yakni melarang mereka untuk beraktivitas di pasar.

“Kami akan bertindak tegas untuk melarang masyarakat dan pedagang masuk pasar yang ketahuan tidak menggunakan masker, semua ini dilakukan untuk menjaga kesehatan mereka,” tegas Candra.

Sementara Putri Dwi Oktarini, S.KM, dari Puskesmas Kampung Bumi Baru, juga mensosialisasikan pentingnya menjalankan protokol kesehatan di new normal ini, demi menjaga kesehatan masyarakat. Dalam hal ini, Putri Dwi Oktarini juga menyarankan, kiranya saat bertransaksi antara pembeli dan pedagang tidak serta berkontak langsung, namun dapat menggunakan media lainnya dalam pembayaran.

“Gunakan nampan atau alat media lain, saat melakukan pembayaran kepada pedagang, dan pedagang juga dapat menggunakan media tersebut, saat menyerahkan barang belanjaan pembeli,” kata Putri.

Baca Juga  Hasim As'ari.,S.Pd.I Resmi Dilantik PC GP Ansor Kabupaten Waykanan..!!

Menurut Putri jajaran Puskesmas juga mendukung ketegasan yang dilakukan oleh kepala Kampung Bumi Baru, dalam hal menegaskan pemakaian masker saat bertransaksi dan interaksi di luar rumah.

“Terkadang masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker menjadi kendala sendiri, oleh karena itu kami sangat mendukung ketegasan yang dilakukan oleh Kepala Kampung Bumi Baru, semoga hal ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat, akan arti pentingnya masker,” ujar Putri.

Oleh: HERIYADI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here